Langit Tjerah menerima donasi buku bekas, buku baru, maupun alat pendidikan yang lainnya untuk kami salurkan kepada Komunitas Pendidikan maupun Taman Baca yang membutuhkan, silahkan hubungi contact person. Terima Kasih.

Wednesday, May 31, 2017

Mata Hari, Kisah Penari Erotis dan Spionase


Mata Hari, Kisah Penari Erotis dan Spionase

Sebetulnya ini adalah tulisan lama, ditulis pada peringatan Hari Perempuan Sedunia. Namun, dikarenakan Blog ini masih baru dibuat alias masih kinyis-kinyis maka baru diposting sekarang. Tapi tak jadi masalah, berbagi ilmu bisa kapan saja. Atau ada kata mutiara yang berbunyi "Lebih baik telat, daripada tidak sama sekali." (red. mau nyari alasan).

Mereka mengatakan wanita adalah makhluk yang lemah, tanpa mereka sadari kekuatan mereka tak berlaku diatas ranjang.

Mata Hari
Setiap tanggal 8 Maret, dunia memperingati Hari Perempuan Internasional. Peringatan tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap kaum perempuan. Banyak tulisan tentang perempuan menghiasi beranda jejaring sosial media. Sejarah  demi sejarah menuliskan tentang peran perempuan didalamnya, perjuangan dan harga diri menjadi nyawa dalam peranannya. Di masyarakat Yunani Kuno, perempuan mogok berhubungan seks dengan pasangannya untuk menuntut diberhentikannya peperangan. Atau di Rusia pada 8 Maret 1917 untuk pertama kalinya perempuan mendapakan hak untuk memberikan suara di pemilu. Hingga peran perempuan Marsinah di Indonesia sebagai ikon keadilan pada era Orde Baru. Hal tersebut menjadi bukti nyata perjuangan perempuan yang tak bisa kita lupakan begitu saja.

Kita akan membahas tentang peran perempuan dari sisi yang tak biasa, penuh hal yang tabu namun patut untuk diperbincangkan. Mengenai kisah hidup seorang penari orientalis pada masa-masa Perang Dunia I. Dia adalah Margarethe Gertruide Zelle atau yang kita ketahui sebagai Mata Hari, seorang penari dan spion politik untuk pemerintah Jerman dan Perancis. Margarethe Gertruide Zelle lahir di Leeuwarden, Belanda pada tanggal 7 Agustus 1876. Kehidupan masa kecil Margarethe yang penuh liku-liku secara langsung membentuk kepribadian Margarethe dewasa. Ketika berusia 19 Tahun, dia dinikahi seorangperwira tinggi militer Belanda yang bertugas di Indonesia yang bernama Rudolph McCleod. Kala itu usia Rudolph adalah 39 tahun. Setelah menikah mereka tinggal di Semarang, hingga tak lama setelah itu suaminya harus berdinas di Malang, dari situ Margarethe banyak bermain ke Candi Jago dan Candi Singosari hingga mengenalkannya pada Tari Srimpi yang biasa dimainkan para gadis-gadis jawa di pelataran candi tersebut. Setelah itu mereka harus berpindah ke Sumatera, dan akhirnya harus kembali ke Belanda di Tahun 1902. Hubungan Margarethe dan Rudolph berakhir dengan perpisahan, hingga Margarethe pergi ke Perancis untuk belajar balet. Timbul keinginan Margarethe untuk menjadi “Penari Malam” yang beraliran Orientalis dengan memadukan budaya Timur dan Barat. Dalam waktu yang tak lama, Margarethe mampu melambungkan namanya bahkan sampai Elitis-elitis Paris kagum dengannya. Ketika ia menjadi sorotan dunia kala itu, dia merubah nama menjadi Mata Hari dan mengaku lahir di kota Jaffnapattam, India.

Setelah ketenarannya itu, orang yang pertama kali tergila-gila kepada Mata Hari adalah Emile Guimet. Dia adalah pengusaha dari kota Lyon, Perancis di bidang industry sabun cuci. Dari Guimet, Mata Hari mengenalkan diri ke Elitis Paris dengan pertunjukannya di Museum Orientalis milik Guimet. Keinginan Mata Hari untuk menjadi pacar seorang jutawan tercapai seketika.

Hingga Mata Hari berganti pacar lagi dengan seorang pengacara bernama Edouard Clunet. Dari Clunet dia berkenalan juga dengan Gabriel Astruc, seorang agen teater kawakan yang menjadi jalan untuk Mata Hari untuk tampil di Madrid, Berlin, Wina, oleh bantuan bangsawan setempat.

Quote
Situasi dunia khususnya Eropa mencapai ketegangan akan ancaman perang. Hingga Agustus 1914 perang secara resmi diumumkan. Hal itu membuat Mata Hari harus mengungsi, namun yang menjadi pertanyaan adalah posisi Mata Hari yang hanya menjadi penari namun bisa aman melintas berlin dan menjalin asmara dengan komandan polisi setempat bernama Griebel. Hingga pada masa masa demonstrasi didepan kekaisaran dan Mata Hari pun menjadi sasaran aksi anti orang asing dan memaksanya meninggalkan Berlin. Mata Hari tiba di Amsterdam pada 16 Agustus 1914 dan tinggal disana. Pada 14 Desember 1914 dia tampil di Den Haag dan berhasil menjalin asmara dengan Baron Edouard van Capellen, seorang pimpinan kavaleri yang berusia 52 tahun. Mata Hari dibuatkan rumah yang indah oleh Baron di Den Haag, namun Mata Hari menjadi terkekang dengan semua itu. Apalagi Baron menganggapnya tak lebih dari wanita prostitusi. Di malam Mei  1916, Mata Hari ditemui oleh Karl Kramer dan ditawari 20.000 Franc untuk menyenangkan bangsa Jerman. Dan itulah awal mula Mata Hari menjadi agen “Spionase Diatas Ranjang”, untuk dikirimkan ke Paris untuk mencari berita-berita penting. Dengan sandi H21 sebagai tanda tangan berita yang dikirim oleh Mata Hari untuk dikirimkan ke hotel de I’Europe di Amsterdam. Pada awal misi Margarethe tidak tahu tentang apa yang harus dilakukannya sebagai mata-mata. Namun, semua rahasia dari politik hingga strategi militer para Elitis dan Intelek tercurahkan kepada Mata Hari ketika diatas ranjang, semua bertekuk lutut di depan Dewa Amor. Singkat cerita ketika Mata Hari menjalin cinta dengan Vadime De Masloff, ketika Vadime terkena granat beracun dan dirawat di rumah sakit. Untuk masuk ke rumah sakit diperlukan perizinan dari kementrian perang. Di situ Mata Hari bertemu dengan Ladoux yang mana dia adalah ketua Spion Perancis. Margarethe ditawari bekerja untuk Ladoux, dan Margarethe meminta upah satu juta franc. Ladoux mempertimbangkan dengan upah satu juta Franc bisa untuk menggaji 12 mata-mata ulung. Dari hal itu diketahui oleh Ladoux bahwa Mata Hari adalah orang dekat Kramer, orang penting di Jerman. Dan Ladoux menggagalkan untuk memperkerjakan Mata Hari.

Akhirnya, Mata Hari ditangkap oleh polisi di kamar hotel tempat Mata Hari menginap. Margarethe resmi menjadi tahanan dibawah pengawasan Pierre Bouchardon. Hingga hidup mati Mata Hari ditentukan pada pengadilan tertutup pada tanggal 25 Juli 1917. Margarethe terbukti bersalah, dia terbukti sebagai mata-mata Jerman untuk Perancis. Dan malaikat maut menjemputnya pada eksekusi mati di tanggal 15 Oktober 1917. Beberapa media internasional mewartakan kematiaannya seperti New York Times dan Daily Express. Margarethe alias Mata Hari, sang penari erotis sekaligus Spy tersebut mati meninggalkan bukti kehebatan seorang perempuan.

Berita Eksekusi Penembakan
Dengan kisah hidup Mata Hari dari awal mula hingga akhir hayatnya kita dapat menilai bahwa kekuatan perempuan tak dapat diremehkan. Wanita dinilai lemah dan menjadi “Objek Jajahan” pria, namun semua akan berubah terbalik ketika wanita menggunakan sisi sensitivitasnya sebagai senjata. Dalam hal ini erotisme berperan penting dalam upaya menaklukan kaum adam. Terbukti dalam kisah hidup Mata Hari, sehebat apapun intelek pria, sehebat apapun elit politik akan jatuh di pangkuan wanita.

Seperti syair lagu Sabda Alam oleh Ismail Marzuki bahwa ,

Diciptakan alam pria dan wanita
Dua makhluk jaya asuhan dewata
Ditakdirkan bahwa pria berkuasa
Adapun wanita lemah lembut manja

Wanita dijajah pria sejak dulu
Dijadikan perhiasan sangkar madu
Namun ada kala pria tak berdaya
Tekuk lutut disudut kerling wanita

Ada kala pria tak berdaya dan tekuk lutut di sudut kerling wanita, hal tersebut sangat benar. Pria hebat karena ada wanita kuat dibelakangnya.

Diperingatinya Hari Perempuan adalah untuk kita menyadari bahwa perempuan tak bisa diremehkan kekuatannya. Kehebatan seorang pemimpin Negara pun pasti ada rahasia yang dipegang oleh perempuan-perempuan dibelakangnya. Oleh karena itu, wajar bila di Hari Perempuan ini banyak tuntutan kaum wanita untuk keseteraaan gender. Mereka menuntut agar hak-haknya dilindungi oleh kepastian hukum.

Hal tersebut sebagai rapor merah bagi pemerintah bahwa selama ini abai terhadap suara perempuan. Padahal perempuan adalah makhluk yang kita pun menyadari kekuatannya tak dapat disepelekan. Bisa saja perempuan-perempuan Indonesia melakukan mogok hubungan seks seperti yang terjadi di Yunani Kuno atas dasar protes mereka. Atau mungkin bisa saja perempuan seantero negeri mogok masak atas dasar protes hak-haknya yang disepelekan. Kita tak menakar seberapa besar dampak merampas hak-hak wanita, atau yang paling sederhana adalah kita menganggap wanita adalah makhluk cengeng dan naïf. Lebih dari yang kita bayangkan bahwa kekuatan wanita tak hanya sekedar menghancurkan gunung atau mematahkan bilah besi, wanita mampu mengubah peradaban. Menuntut kesetaraan gender bagi perempuan dalam arti yang sempit seperti halnya menuntut perempuan supaya mendapat pekerjaan sebagai sopir bus adalah tuntutan yang kurang tajam. Tak melulu masalah hak perempuan adalah kesetaraan dalam bidang karir. Yang sebenarnya terjadi adalah kekurangan keserasian dan keseimbangan antara Laki-laki dan Perempuan. Leluhur Nusantara dulu mengerti betul bagaimana mencapai keserasian antara laki-laki dan perempuan sehingga diinterprestasikan dalam konsep Lingga dan Yoni yang ada di Candi-candi peninggalan leluhur. Mengajarkan untuk selalu menekankan keserasian peranan kaum adam dan hawa. Dalam mencapai kesadaran utuh atas keberlangsungan hidup yang serasi dalam harmoni, dibutuhkan adanya saling mengerti batas-batas keduanya dalam hal hak dan kewajiban. Lingga atau yang melambangkan syahwat laki-laki sebagai elemen api, dan Yoni sebagai sensitivitas perempuan lambang elemen tanah. Keduanya saling bertolak belakang namun jika dipersatukan dengan perdamaian, cinta dan kasih sayang akan menjadikan sebuah harmoni dalam sebuah paradoks.

Contoh Lingga-Yoni
Sebagai penutup, kita perlu mengubah cara pandang kita terhadap perempuan dari semula makhluk yang lemah dan naïf, ternyata wanita mampu mengubah jalan dari sebuah peradaban. Dalam menghadapi dinamika jaman yang semakin tidak menentu ini, diperlukan cara pandang yang lebih sehat terhadap perempuan. Konsep yang dajarkan oleh Nenek Moyang sudah menjelaskan bahwa hidup harus dengan keselarasan dan keserasian termasuk dalam memandang gender. Dengan pemahaman seperti itu, diharapkan perampasan hak-hak perempuan dapat ditekan dari kalangan masyarakatnya sendiri.


Sumber :

Big Thanks to Readers!
Written by : Vrandes Setiawan Cantona - Langit Tjerah

No comments:

Post a Comment

Designed By Langit Tjerah