Langit Tjerah menerima donasi buku bekas, buku baru, maupun alat pendidikan yang lainnya untuk kami salurkan kepada Komunitas Pendidikan maupun Taman Baca yang membutuhkan, silahkan hubungi contact person. Terima Kasih.

Monday, July 24, 2017

LANGIT TJERAH

Tentang Langit Tjerah...

[1]. Langit Tjerah
Manusia sejatinya adalah makhluk sosial, atau dalam ilmu sosial sering diistilahkan Homo Socius. Sudah menjadi fitrah manusia untuk saling berhubungan satu sama lain untuk keberlangsungan hidupnya. Sangat mustahil bahwa manusia dapat bergantung sendiri, mengandalkan diri sendiri, bahkan lebih ekstrim lagi seolah-olah buta terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena manusia bersifat makhluk sosial, maka manusia merasa saling membutuhkan diantara sesamanya atau sering diistilahkan sebagai Zoon Politicon. Kebutuhan inilah yang membuat manusia akan membentuk kelompok masyarakat walaupun dengan latar belakang, jenis kelamin, ras, suku maupun nasib yang berbeda satu dengan lainnya. Sudah sepantasnya bila fitrah manusia menjadi makhluk sosial, harus peka terhadap lingkungan sosial disekitarnya.

Keberadaan manusia dalam lingkungan sosial dipenuhi dengan perbedaan, mulai dari perbedaan warna kulit, agama, kepercayaan, hingga perbedaan nasib. Hal inilah yang bernilai ganda seperti dua mata pedang. Disatu mata perbedaan tersebut akan menjadikan konflik antar manusianya, di satu mata yang lain justru perbedaan tersebut akan menjadikan manusia menjadi makhluk yang sangat toleran dan saling menghargai untuk kehidupan bersosialnya. Namun walaupun manusia tercipta dalam berbagai perbedaan, ada satu inti yang menjadi persamaan diantara perbedaan itu. Persamaan diantara perbedaan manusia tersebut adalah “Kemanusiaan”.

Oleh karena nilai kemanusiaan tersebut kami memiliki prinsip yang sama yaitu “Menjadi manusia untuk Kemanusiaan” sehingga kami digerakkan dan berpandangan bahwa Langit akan selalu cerah bagi mereka yang meyakininya.
[2]. Aktivis Langit Tjerah
Langit Tjerah adalah sebuah perkumpulan orang-orang yang peduli dan memperdulikan kehidupan sosial yang berperikemanusiaan. Perkumpulan ini dilatarbelakangi oleh perasaan beberapa orang yang melihat realita kehidupan yang masih jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Kami memperjuangkan Perdamaian, Cinta, dan Kemanusiaan dengan wujud kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang memiliki tujuan mengangkat kehidupan yang lebih baik. Makna dari nama Langit Tjerah (ejaan lama) adalah sebuah pandangan kami tentang kehidupan berperikemanusiaan yang seluas dan tak terbatas seperti Langit, dan Tjerah (ejaan lama) secerah nilai-nilai kehidupan yang raya. Untuk mewujudkan prinsip dan pandangan tersebut kami membuat kegiatan-kegiatan yang berisi aksi nyata dalam mewujudkan nilai kemanusiaan itu. Bahwa ada saudara-saudara yang berada disekeliling kita membutuhkan rangkulan dan dukungan berupa semangat, kepercayaan diri, dan materi untuk kita usahakan bersama. Dan kita sebagai Homo Socius sudah sepantasnya tidak melalaikan hal tersebut. Kami bukanlah sebuah organisasi dalam arti organisasi yang berbadan hukum, melainkan kami hanya sekelompok muda-mudi yang tergabung atas dasar nilai kemanusiaan. Terlepas dari ormas, partai politik, perusahaan, maupun instansi yang lainnya, bahkan diantara kami sendiri ada beberapa yang baru kenal. Kami tergabung dalam aksi nyata walaupun tidak dalam bentuk Ormas, Parpol, maupun instansi lainnya, oleh karena itu kita bergerak sebagai free humanitarian provider yang bebas dari tekanan kepentingan dan juga tentunya bercorak Non-Profit. Perkumpulan ini terbentuk pada tanggal 30 Mei 2017, dengan anggota yang bebas dan tidak membeda-bedakan. Untuk sementara ini Langit Tjerah belum menjadi organisasi berbadan hukum, artinya sebatas perkumpulan bebas namun tetap mengedepankan transparansi.
[3]. Salah Satu Kegiatan Langit Tjerah
Aktivitas dalam Langit Tjerah terdiri dari Bakti Sosial ke Panti Asuhan, Perpustakaan Jalanan, Bakti Sosial ke Perkampungan Kumuh, Menulis Artikel, Kampanye Perdamaian, dan kegiatan-kegiatan lain baik dalam dunia nyata maupun dunia maya. Dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan biaya apalagi donasi, kami selalu membuat pelaporan yang transparan mengenai penggunaan dana kegiatan tersebut dan dapat diakses di Blog kami yang mana semua kalangan baik yang terlibat ataupun tidak terlibat dapat mengetahuinya.

Visi : Memperjuangkan Nilai-Nilai Kemanusiaan Untuk Kehidupan Yang Raya
Misi :
Melakukan kampanye tentang nilai-nilai kemanusiaan,
Melakukan kerjasama dengan pihak-pihak pemberdaya bantuan sosial,
Melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat  aplikatif tentang nilai-nilai kemanusiaan,
Melibatkan diri dalam usaha mengangkat kehidupan masyarakat

Slogan
“Be Human for Humanity, For Peace, Love and Humanity. Come Join Us!”

Lingkup
Kehidupan Sosial
Kemanusiaan
Perdamaian
Cinta Sesama Kehidupan
Lingkungan Hidup
Kritik Politik
Kritik Sosial
"Without action, you aren't going anywhere"
-Mohandas Gandhi-

Sumber Gambar :
[1]. Foto Anak-anak Pulau Sibesi, 16 Juli 2017, Lampung
[2]. Foto Kegiatan Bakti Sosial Panti Asuhan Rumah Harapan, 18 Juni 2017, Bekasi
[3]. Foto Kegiatan Bakti Sosial Panti Asuhan Rumah Harapan, 18 Juni 2017, Bekasi


Written By : Vrandes. S. Cantona - Langit Tjerah
Big Thanks to Readers!

No comments:

Post a Comment

Designed By Langit Tjerah