Langit Tjerah menerima donasi buku bekas, buku baru, maupun alat pendidikan yang lainnya untuk kami salurkan kepada Komunitas Pendidikan maupun Taman Baca yang membutuhkan, silahkan hubungi contact person. Terima Kasih.

Friday, July 14, 2017

Tentang Perpus Jalanan dan Donasi Buku

Latar Belakang....


Pada dasarnya manusia membutuhkan beberapa unsur untuk melangsungkan kehidupannya. Ditambah lagi bahwa manusia adalah Makhluk Sosial yang mana dalam interaksinya, manusia membutuhkan beberapa hal yang mendukung proses sosialisasinya. Salah satunya adalah unsur Pendidikan. Pendidikan adalah sebagai proses manusia untuk mengembangkan kecerdasannya baik kecerdasan kognitif maupun kecerdasan emosional. Hal ini sangat diperlukan dalam proses interaksi sosial, sebab jika kecerdasan tidak ditingkatkan maka proses interaksi sosial tersebut sudah pasti terhambat.

Dalam hal ini negara menjamin pemberian pendidikan terhadap rakyatnya, Dalam UU No 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, keterampilan, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Sehingga Negara harus menjadi pelaksana sekaligus penanggungjawab dalam memberikan pendidikan terhadap warganya. Namun, pada kenyataannya masih banyak orang yang belum menerima pendidikan secara optimal. Baik proses maupun fasilitasnya, terutama sekali orang miskin, terlantar, gelandangan dan anak jalanan. Padahal jelas bahwa pada Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara”. Tetapi masih banyak realita bahwa pendidikan belum optimal menjangkau fakir miskin dan anak-anak terlantar tersebut. Pendidikan hanya didasarkan pada materi gedung-gedung sekolah yang menghasilkan tamatan berijazah yang rawan menjadi ladang bisnis komersial. Sedangkan makna pendidikan tidak sekerdil itu, pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia (John Dewey, Filsuf). Yang mana pendidikan dapat diberikan dimana saja, kapan saja, oleh siapa saja dan untuk semua kalangan.


John Dewey - Quotes
Oleh karena itu, kami dilatarbelakangi oleh kondisi realita dalam masyarakat yang sedemikian rupa sehingga mendorong kami untuk menjadi bagian dalam proses pendidikan tersebut. Kami menjadi bagian dalam menyediakan materi pembelajaran dan kursus-kursus terhadap fakir miskin dan anak terlantar yang telah bermetamorfosis menjadi pengamen, pengemis, gelandangan, pengasong, dan lainnya. Juga tidak menutup kemungkinan dapat menjadi penyedia sarana diskusi bagi siapa saja yang sedang melintas di jalanan. Kami akan mengadakan kegiatan “Perpustakaan Jalanan” yaitu kegiatan menyediakan buku dan sarana diskusi yang akan kami jalankan di tempat-tempat keramaian dan di titik-titik tertentu. Oleh sebab itu kita mebutuhkan bantuan donasi buku maupun tulisan lain yang pastinya dapat mendukung kegiatan ini.

"Semua beasiswamu, semua studimu mengenai Shakespeare dan Wordsworth akan sia-sia jika pada saat yang bersamaan kau tidak membangun karaktermu dan mencapai keahlian mencapai pemikiran dan tindakanmu."

-Mohandas Gandhi-


Sumber Gambar :
http://www.mindsparkcommunity.org/uploads/6/6/2/3/66238189/1330616.png?390


Written by : Vrandes Setiawan Cantona - Langit Tjerah

Big Thanks To Readers!

No comments:

Post a Comment

Designed By Langit Tjerah