Langit Tjerah menerima donasi buku bekas, buku baru, maupun alat pendidikan yang lainnya untuk kami salurkan kepada Komunitas Pendidikan maupun Taman Baca yang membutuhkan, silahkan hubungi contact person. Terima Kasih.

Monday, August 7, 2017

Dokumentasi Perpustakaan Jalanan

Gerakan Literasi, secercah harapan untuk kemajuan...


Perubahan bukanlah sebuah tujuan atau bahkan angan-angan, perubahan adalah proses. Perubahan adalah jalan, bukan sebuah 'keniscayaan'. Kita menuntut perubahan dalam kehidupan, namun kita tak pernah berusaha apa-apa. Banyak kata-kata motivasi yang diobral hanya untuk sebuah perubahan. Kata-kata suci dijual untuk membawa perubahan. Tetapi realitanya tak juga menemukan sebuah perubahan, ya memang perubahan bukan sebuah tujuan. Sehingga orang takkan pernah menemukannya, melainkan menjalankannya. Aku sebut perubahan sebagai 'Revolusi'. Bukan supaya lebih kelihatan 'aktivis' maupun seorang 'pemberontak', melainkan makna Revolusi itu lebih dalem dan lebih ngena daripada perubahan itu sendiri. Revolusi bukan mengubah sebuah permukaan, namun hingga akar-akarnya. Mengenai revolusi sendiri, mari kita bicarakan revolusi dalam 'skala kecil'. Sebab, sebelum membawa revolusi yang besar, haruslah dimulai dari sesuatu yang kecil namun memberikan arti. Seperti penjelasan Jim Morrison bahwa "Tidak ada revolusi berskala besar sebelum munculnya revolusi personal di tingkat individual.". Hal inilah yang membuat Langit Tjerah merasa berhutang tanggung jawab jika tidak ikut dalam membawa revolusi. Salah satunya dalm project kali ini, dalam bidang Literasi. Sebelum jauh, kita bahas dulu apa itu Literasi. Literasi berasal dari bahasa Inggris, Literacy yang berarti keberaksaraan atau melek huruf. Atau secara sederhananya berarti kemampuan seseorang untuk membaca, menulis dan daya tangkapnya. Mengapa literasi berpengaruh terhadap perubahan?. Jelas sangat berpengaruh, sebab dalam perubahan skala individual, seorang manusia harus mampu membaca sesuatu diluar dirinya untuk pula membaca dirinya sendiri atau identitasnya. Identitas akan mempengaruhi subjektivitas, yang mana subjektivitas akan mempengaruhi pula terhadap proses perubahan. Kemampuan baca tulis akan mempengaruhi subjektivitas seorang individu dalam sebuah perubahan. Sehingga mungkin ditemukan statemen "Tak bisa membaca tulis berarti tidak ada kemajuan.". Hal itu bisa sedikit dibenarkan, tapi juga tidak bisa dianggap sebagai sebuah ketetapan.

Atas keterkaitan kemampuan baca tulis tersebut terhadap perubahan (baca : revolusi), Langit Tjerah melakukan pengamatan di lingkungan sosial. Bahwa pada kenyataanya lingkungan sosial kita masih sangat rendah dalam literasi. Oleh karena itu, sebuah kekhawatiran terjadi, "Bangsa ini tak akan bisa terbebas dari penindasan akal sehat, jika masih jauh dengan ilmu dan pengetahuan.". Atas realita itu, kami mengadakan social project berupa Perpustakaan Jalanan dan Donasi Buku (sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya). Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari minggu, mulai pagi hingga siang atau bahkan sampai sore. Karena kami juga memiliki kesibukan lain, ada yang kuliah, kerja, atau usaha. Maka kami menyempatkan waktu pada hari minggu untuk melaksanakan tanggung jawab sosial yang mana tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kami.

Berikut dokumentasi kegiatannya,

Lapak Buku
Baca buku gratis


Interaksi Dengan Pembaca
Selain itu, kami juga menyalurkan Donasi Buku yang telah kami kumpulkan dari sumbangan donatur sejumlah 25 buku kepada Perpustakaan Jalanan Bekasi yang dipelopori oleh mas Bayu, dan kegiatannya dilaksanakan setiap dua minggu sekali di taman-taman Bekasi dan sekitarnya. Kedepannya kami akan tetap menjalin kerjasama dengan Perpustakaan Jalanan Bekasi.

Penyaluan Donasi Buku

Diskusi Dengan Pengurus Perpus Jalanan Bekasi
Perpus Jalanan Bekasi
Kegiatan ini akan dilaksanakan tiap minggu berupa lapak baca buku gratis dan menyalurkan donasi buku ke pihak yang berhak menerima.

Untuk kedepannya kami masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang berkenan mendonasikan berupa buku, perlengkapan, maupun uang tunai untuk kami salurkan kepada pihak-pihak yang berhak menerima.
Bagi yang berminat mendonasikan bantuan terbaiknya, silahkan hubungi contact person kami di,

0857-1005-6745 - Andy
0856-4020-3682 - Arun
0857-1120-4725 - Vrandes

Untuk mendiskusikan mekanisme donasinya.

Mari ikut berpartisipasi dalam perjuangan literasi, jadilah bagian dari kemanusiaan!
Be human for Humanity!

"Satu ons aksi lebih berharga daripada satu ton teori."
-Friedrich Engels-




Big Thanks!

1 comment:

  1. Salut, lanjutkan mas, semoga makin banyak yang mengedepankan aksi cerdas daripada teori :)

    ReplyDelete

Designed By Langit Tjerah